Sabtu, 14 April 2012

Perangkat Komputer

Perangkat komputer
Perangkat Komputer

Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari dua bagian yaitu perangkat keras dalam bahasa inggrisnya biasa di sebut hardware dan perangkat lunak dalam bahasa inggrisnya biasa di sebut software. Komputer bisa dioperasikan atau di gunakan apabila kedua bagian tersebut terpenuhi. Berikut ini adalah definisi singkat dari masing masing bagian Perangkat Komputer:

Perangkat keras (hardware)
Semua bagian fisik yang jika disatukan (dirakit) akan membentuk komputer, bagian fisik yang di maksud adalah sebagai berikut :
- Bagian utama : motherboard, processor, memory (RAM), harddisk, power supply dan casing, monitor, keyboard, mouse, VGA. Bagian utama ini mutlak harus ada untuk membentuk sebuah komputer agar komputer tersebut bisa di gunakan.
- Bagian sekunder : printer, cd rom, scanner, kartu jaringan, modem, floppy disk, dll. Untuk bagian sekunder ini, tidak diharuskan ada, hanya saja kegunaan komputer terbatas.

Perangkat Lunak (software)
Perangkat lunak secara umum bisa diartikan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak juga bisa diartikan program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Semoga tulisan perangkat komputer ini bermanfaat.

0 komentar:

Pasang Emoticon !

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About